Aku ADA untuk negeriku


Kemaren, 151010 saya mengikuti acara Talkshow di Balai Santika Unpad, Judulnya “aku ada untuk negeriku”.  Pertanyaan yang mereka usung adalah ‘Sebagai mahasiswa dengan spesifikasi masing-masing, sudahkan kita menetapkan hati untuk berkontribusi bagi bangsa?’. Seminar ini muncul atas kegelisahan segelentir mahasiswa UNPAD atas sifat mahasiswa yang pesismis terhadap negeri yang katanya pengoleksi bencana ini. jika mahasiswa yang katanya adalah tulang punggung negara tidak merasa memiliki negerinya, tidak merasa bagian dari negerinya, akan dibawa kemana negeri ini?. Gak kemana-mana sih negerinya, tetapi orang-orangnya pergi meninggalkan Indonesia pergi ke Negara yang maju, damai, aman, nyaman dan tentram. Itu kata teman saya di status FB-nya.
Menanggapi tema acara talkshow  “Aku ada untuk negeriku” ini,  Saya mengarisbawahi kata ADA dan memiringkannya pula.  Itu artinya penting untuk  mempertannyakan keberadaan mahasiswa untuk ADA di negeri ini. menurut kamus KBBI “ada” artinya hadir, berarti aku hadir untuk negeriku. Jika kita memakai kata ‘hadir’, dalam bingkai pemikiran saya hadir itu berarti sudah masuk kedalam atau artinya ‘datang’. Benar, sebenarnya, hari ini kita sudah hadir dalam bingkai negeri ini, hanya saja keberadaan itu tidak disadari oleh setiap kita. Kita tidak pernah mempertanyakan keberadaan kita, untuk apa kita ada?, untuk apa keberadaan kita?. tentu saja untuk ‘mengadakan’ sesuatu. Saya tidak tau untuk apa keberadaan teman-teman secara spesifik, namun aku ada hanya untuk satu hal yaitu: berguna bagi orang lain. “Pergilah keseluruh dunia, bagikan apa yang ada padamu kepada orang lain”. Dan sayapun masih mempertanyakan ‘apa yang bisa saya berikan untuk negeri ini?’.
Masih tetap bertanya, sampai saatnya menemukan…
bagaimana dengan kalian??

Comments

Popular Posts