Thursday, 17 March 2011

10 Pengertian Teori menurut para ahli:

1.     Menurut Ensiklopedia Indonesia N/Z. . penerbit Van Hoeve. Bandung. Redaksi. Prof.Dr.mr T.S.G Mulia.
Teori (Yunani: Teoria, pandangan, tinjau), umunya artinya: pandangan yang gunanya untuk memberi keterangan bagi suatu hal tertentu. Juga dalam ilmu pengetahuan teori itu gunanya untuk membari keterangan bagi gejala-gejala tertentu; tapi umumnya teori dalam ilmun pengetahuan itu berupa sistem yang berdiri atas pelbagai dalil (yang dikutip dari dunia pengalaman) dan hipotesa-hipotesa yang keduanya berdasar pada asas tertentu. Seterusnya istilah teori itu sering pula dipakai sebagai lawan terhadap pengertian praktek atau pengalaman. (hal 1333)
2.    Menurut Kamus Webster’s teori adalah: [arkais]: kontemplasi imajinatif dari relitas: pemahaman intelektual lansung: wawasan (Insight)… a. kebijakan yang diyakini, atau prosedur yang diusulkan atau diikuti sebagai dasar tindakan: siatu prinsip atu rencana bertindak… b. suatu perangkat ideal atau hipotesis dari fakta-fakta, prinsip-prinsip, atau kondisi-kondisi…
3.    a. (1): keseluruhan dari generalisasi (the body of generalizations) dan prinsip-prinsip yang dikembangkan dalam hubungan dengan praktek dalam suatu bidang kegiatan… b. Seperangkat prinsip-prinsip hipotesis, konseptual, dan pragmatis ayng koheren yang membentuk kerangka acuan kerangka acuan kerja umum (general frame of reference) untuk suatu bidang penyelidikan (seperti untuk deduksi prinsip-prinsip memformulasi hipotesis untuk testing, melaksanakan tindakan)… c. (1) suatu bidang dari penyelidikan intelektual (2) suatu analisis sistematis, penjelasan, atau defenisi dari sebuah konsep…
4.    suatu pertimbangan (judgment), konsepsi, proposisi, atau formula (bagaimana hubungannya dengan hakikat, tindakan, sebab, atau asal-mula dari sebuah fenomena atau sekelompok fenomena) dibentuk oleh spekulasi atau deduksi atau oleh abstrak dan generalisasi dari fakta-fakta… seperti a. auatu keberadaan (entity) atau struktus hipotesis yang menjelaskan atau menghubungkan suatu perangkatfakta-fakta yang teramati… b. suatu hipotesis kerja yang diberikan kemungkinan (probabilitas) oleh evidensi eksperimental atau oleh analisis factual atau konseptual tetapi belum ditegakkan secara konklusif atau diterima sebagai sebuah hukum (law)…
5.    suatu asumsi yang belum terbukti: dugaan (conjecture), spekulasi, perandaian (supposition)… (1966: 2371)
6.    pengertian teori menurut The new Lexicon:
     suatu kumpulan organisasi dari ide-ide (organized body of ideas) mengenai kebenaran sesuatu, biasanya ditarik dari kajian sejumlah fakta-fakta yang berhubungan dengan itu, tetapi kadang-kadang seluruhnya merupakan hasil dari latihan imajinasi spekulatif;… suatu keseluruhan umum (general body) dari asumsi-asumsi dari prinsip-prinsip ; suatu dugaan… (conjecture). (1989: 1025).
7.    Teori adalah sperangkat konsep. Defenisi dan dalil yang saling terkait secara sistematis yang dikedepankan unutk menjelaskan dan mempradiksi fenomena yang terjadi di njalan raya. (angha, Nader. 2002)
8.    Teori adalah hulu atau sumber  suatu proposisi ilmiah, cara mengujinya adalah melalui prosedur penelitian dengan asumsi atau hipotesis-hoipotesis kemudian diuji atau dibuktikan berdasarkan data-data yang dikumpulkan  (Tamburaka, H.Rustam E; 1999).
9.    Menurut buku Stephen W. Littlejohn, Theories of Human Communiation, Wadsworth, Secara umum istilah teori dalam ilmu sosial mengandung beberapa pengertian sebagai berikut: Teori adalah abstraksi dari realitas; Teori terdiri dari sekumpulan prinsip dan defenisi yang secara konseptual mengorganisasikan aspek-aspek dunia empiris secara sistematis; Teori terdiri dari asumsi-asumsi, proposisi-proposisi, dan aksioma-aksioma dasar yang saling berkaitan; Teori terdiri dari teorema-teorema yakni generalisasi-generalisasi yang diterima/terbukti secara empiris. Dari unsur di atas dapat disimpulkan bahwa teori pada dasarnya merupakan konseptualisasi atau penjelasan logis dan empirik tentang suatu fenomena. Bentuknya merupakan pernyataan-pernyataan yang berupa kesimpulan tentang suatu fenomena.
10. Menurut Schwandt (2001), penelitian kualitatif memakai pengertian yang sedikit berbeda. Ada empat pengertian teori dalam penelitian kualitatif, yaitu:
·         Sebagai generalisasi yang diperoleh melalui penelitian empiris,
·         Sebagai penjelasan sebab-akibat yang padu dan sistematis tentang berbagai fenomena sosial. 
·         Sebagai orientasi atau perspektif untuk melihat masalah, memecahkan masalah, dan memahami serta menjelaskan realitas sosial.
·         Sebagai ‘teori kritis’ (critical theory), yang merupakan cara membuat teori dan produk dari cara membuat teori itu . Cara dan produk ini bertentangan dengan cara pandang yang menghasilkan dua pengertian pertama (a dan b) karena:
a.    Melakukan tinjauan kritis terhadap konsep, pemahaman, kategori yang saat ini sudah ada tentang kehidupan sosial manusia, yang selama ini dianggap “sudah dari sananya” (taken for granted).  
    1. Menganggap teori sebagai sesuatu yang melekat kepada praxis. Dalam tradisi empiris, ilmuan beranggapan bahwa kegiatan ilmiahnya bukan bagian dari kehidupan sosial sehari-hari, melainkan sebuah kegiatan terpisah dan “netral”. Kalau sebuah teori akan diterapkan, maka harus ada kegiatan lain yang tidak digolongkan sebagai “ilmiah”. Teori kritis, sebaliknya, menganggap bahwa seorang ilmuan harus “punya kepentingan” dan setiap teori sekaligus punya nilai empiris (praktis) maupun normatif.
    2. Merupakan teori yang menggunakan metode kritik secara terus menerus dan ketat  (imminent critique) terhadap semua pemikiran yang saat ini sudah ada, bekerja dari dalam struktur pemikiran tersebut untuk menemukan pertentangan-pertentangan dan hal-hal yang selama ini disembunyikan. Jadi, secara eksplisit para teoritisi kritis bermaksud membongkar tatanan ilmiah yang selama ini dibangun lewat cara-cara non-kritis. (Schwandt, T.A. (2001), Dictionary of Qualitative Inquiry, 2nd ed. Thousand Oaks : Sage Publications.)

Semoga Mengerti!!! :) 
GB


2 comments:

  1. keren ...:)
    thanks infox ... !!

    ReplyDelete
  2. sama-sama. Semoga dapat mengerti yaa.

    ReplyDelete