Google Cache atau Tembolok Google


Ingin melihat kembali blog lama yang telah mati dan tidak tau cara memidahkan  isinya. Maka saya mencoba mencar-cari cara di google search angine. Bagaimana cara mengakses laman web yag telah mati. ternayata ya, bukan hanya blog saja tetapi laman apapun selama tersedia ada di google. Akhirnya saya menemukan caranya melalui Google cache atau dalam bahasa Indonesia tembolok google. Kata-kata tembolok langsung mengingatkan saya kepada ayam dan laki-laki dewasa. Kalau ayam, tentu mempuyai yang namanya tembolok. Yaitu bagian yang membesar di kerongkongan apabila tidak ingin kelapan dalam 2 atau 3 hari ke depan. tembolok ini gunanya untuk menyimpan cadangan makanan sementara, sedangkan temblok pada pria dewasa adalah gundukan yang ada di leher mereka yang saya akui sejak kecil bahwa laki-laki itu mempunyai kemiripan dengan ayam. Hehe. Huss!!

Sama dengan Google cache atau tembolok google merupakan tempat menyimpanan sementara.  Tempat penyimpanan cached-copy atau salinan dari laman web yang diambil oleh google dalam proses penelusuran web (spider bot search angine crawling/mengindeks). salinan web ini kemudian akan disumpan dalam pusat data google. Dengan kata lain, Google cache atau tembolok google ini merupakan arsip google dan google adalah perpustakaannya. Bisa anda bayangkan sebuah perpustakaan besar yang bisa memuat setiap cache laman web yang ada di google. Tentu sebuah perpustakaan membutuhkan arsip untuk mengurusi, menyimpan chaced laman web yang baru mapun yang lama.

Kegunaan dasar tembolok google ini ini untuk menelusuri kembali laman web anda yag telah punah atau laman web yang sudah di hapus yang empunya web. Google masih bisa menemukan laman web tersebut seperti terakhir kali ditelusuri oleh google karena sudah tercantum di tembolok. Ketika membuat web di google itu artinya chaced laman web sudah tercantum otomatis di tembolok google.

Jadi, jika anda pernah menghapus laman web anda atau mencari laman web yang sudah blok maka anda dapat menggunakan Google cache ini. Caranya, biasanya Google cache atau tembolok google biasanya ada di sebelah kiri google. Tapi yang perlu diketahui adalah alat ini hanya untuk bisa melihat snapshoot laman web anda saja, sedangkan realtimenya tidak. Tembolok sendiri berada di sebelah kiri ketika kita menggunakan google earch engine.

Comments

Popular Posts